may day,, may day,, help..

sekilas kalau mendengan kata ‘may day’ yang terbayang dibenak saya bukan hari buruh internasional akan tetapi seorang pilot yang meneriakkan kata itu  ketika pesawatnya mau jatuh..🙂

ada tiga hal yang yang diangkat dalam may day tahun ini.. sistem kerja kontrak dan out sourcing,,

sesbuah sistem yang hanya menguntungkan segelintir orang.. tapi tentu saja kaaum minoritas ini adalah mereka yang punya power baik secara finansial maupun kekuasaan….

ketika perusahaan mengalami tren defisit, hanya ada dua pilihan.. pemotongan gaji karjawan atau pengurangan kuantitas karyawan itu sendiri… ketika hal itu terjadi siapa yang menjadi korban pertama?  yup tentu saja karyawan kontrak..  dan pengusaha tidak perlu pusing mengeluarkanpesangon dengan nominal yang besar. tentunya ada antisipasi saat mengikat karyawan kontrak ada agreement jika terjadi PHK perusahaan hanya cukup memberi pesangon 1 x gaji atau bahkan tidak sama sekali.. dan kenapa pencari kerja mau saja menandatangan agreement bodoh tersebut? tentu saja siapa sih yang mau menganggur..?

penerapan sistem kerja kontrak &out sourcing sepertinya sudah menjamur di negeri ini.. beberapa perusahaan tempat dulu aku bekerja yang notabene merupakan perusahaan menengah kebawah pun menggunakan sistem ini ketika mengikat karyawan baru…

apa jadinya bila dalam suatu perusahaan sebagaian besar karyawan nya dalah karyawan kontrak?? apabila dianalogikan sebuah perusahaan adalah kendaraan, kendaran ini bisa menjadi sangat besar dan membawa muatan laba yang ukup banyak, mengingat ongkos produksi yang murah (upah rendah) dan karyawan siap menerima cambukan apabila tidak memberikan perusahaan keuntungan yang besar..

tapi tentu saja.. kendaraan tersebut sesungguhny sangat rapuh, mengingat muatan tersebut diikat dengan tali yang lemah. tali tersebut adalah perasaan memiliki dari para buruh. jadi nafas perusahaan bukanlah hal yang penting, mengingat yang terpikir tentu saja bagaimana survival dalam perpanjangan kontrak atau mencari perusahaan baru… bukankah nyawa dari sebuah bangsa adalah rasa nasionalisme atau rasa memiliki itu sendiri..?

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • follow @fatah7f